Pernahkan anda medengar istilah Server Proxy, bagi sebagian orang dengan lingkup pekerjaan di bidang IT, istilah Server Proxy mungkin sudah tidak asing lagi di telinga mereka, tapi bagi anda yang mungkin bukan orang yang menyukai bidang IT maupun anda yang tidak bekerja di bidang IT, istilah ini mungkin akan terasa asing, sekilas tentang Server Proxy ini mungkin diantara anda akan membayangkan sebuah komputer server di dalam ruangan dingin yang di penuhi dengan suara bising kipas komputer dan bunyi-bunyi mesin yang begitu ramai, walaupun anda bukan orang yang menyukai bidang IT, anda perlu tau apa itu Server Proxy dan kegunaan Server Proxy ini.

Apa itu Server Proxy ?

Server Proxy merupakan sebuah sistem komputer atau aplikasi yang bekerja sebagai perantara dari sebuah client (komputer pengguna layanan) yang meminta layanan seperti, permintaan akses content sebuah website, mengidentifikasi sambungan aman dari jaringan luar ke dalam lingkup jaringan lokal yang berperan penuh terhadap akses ke content sebuah World Wide Web dan menyediakan identitas anonimitas (tanpa menyebutkan namanya).

Sebagai Penyaring konten Website

Jika anda pernah browsing ke suatu situs, dan anda mendapatkan sebuah pesan bahwa halaman yang anda buka tidak di ijinkan, atau di gantikan oleh sebuah halaman peringatan, maka sudah pasti  internet yang anda gunakan sudah menggunakan penyaring content, Server Proxy menyediakan kontrol administratif atas konten yang mungkin disampaikan dalam satu atau dua arah melalui proxy. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa penggunaan internet sesuai dengan kebijakan penggunaan. Sebagai contoh di sebuah perusahaan manufacture, aktifitas internet hanya boleh digunakan untuk mengirim email dan membuka website tertentu, maka sudah pasti jika anda membuka situs diluar dari kebijakan tersebut  anda akan menemukan halaman peringatan bahwa situs yang anda buka tidak diijinkan.

Implementasi ini berguna untuk :

“1. Memblokir situs porno dan situs negatif lainya”

 Sebagai Jalan Melewati filter dan kebijakan tertentu

Jika anda tidak bisa membuka sebuah situs disebuah negara lain, dan hanya memperbolehkan content tersebut diakses oleh negara tertentu, maka solusinya adalah menggunakan sebuah Server Proxy di negara non-black list untuk membuka situs tersebut, fungsi ini bisa di aplikasikan disebuah server proxy untuk kebutuhan keamanan dan kebijakan yang mengharuskan content suatu website hanya boleh di akses di negara tertentu saja. Server Proxy ini adalah cara yang paling umum melewati sensor kebijakan, meskipun tidak lebih dari 3 % dari pengguna internet menggunakanya.

Implementasi ini berguna untuk :

“2. Membuka situs yang di blok oleh proxy internal”

Meningkatkan Kinerja

Sebuah server proxy mampu mempercepat permintaan layanan dengan mengambil konten yang disimpan dari permintaan sebelumnya yang dibuat oleh client yang sama atau bahkan client lain. Caching proxy menyimpan salinan content sebuah website yang disimpan di dalam sumber daya lokal yang sering diminta, yang memungkinkan secara signifikan dapat mengurangi penggunaan bandwidth internet dan juga meningkatkan kinerja. Caching proxy adalah jenis pertama dari server proxy. Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman web dari web server.

Implementasi ini banyak berguna untuk :

“3. Meningkatkan kecepatan browsing”

“4. Streaming video tanpa buffering”

“5. Mempercepat download”

“6. Mempercepat proses update path game online”

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Proxy_server